sahabat bisnis masuk online

3 Persiapan Ini Wajib Dilakukan Jika Ingin Bisnis Anda “Masuk” Ke Dunia Online

Setiap Bisnis saat ini harus masuk ke dunia online. Pandemi covid-19 yang melanda dunia sejak 2019 dan masuk ke Indonesia di tahun 2020 ternyata membawa “berkah” bagi pertumbuhan bisnis online. Ketika mobilitas manusia dibatasi maka semua bisnis dipaksa untuk dilakukan secara online. Istilah dalam bahasa Indonesia adalah “daring”. Pertumbuhan bisnis online meningkat. Semua marketplace mencatat pertumbuhan transaksi dalam rentang 2020 sampai 2021. Karena pembeli dilarang masuk ke pusat perbelanjaan. Dan banyak orang juga mulai mau untuk belajar semua tentang digital. Di tahun 2022 ini sudah menjadi kewajiban bagi semua bisnis harus memiliki platform online jika ingin eksis. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk eksis?

Semua Serba Online

Situasi pandemi memaksa semua serba online. Meeting dilakukan dengan online. Pesan makan lebih sering dengan online. Belanja sayur dan kebutuhan dapur juga bisa online. Bahkan anak sekolah juga dipaksa belajar melalui online. Kondisi ini memang membuat kaget sebagian orang.

bisnis masuk online

Pekerja kantoran juga dipaksa bekerja dari rumah, istilahnya adalah WFH (Work From Home). Semua orang terlihat banyak yang ngomel dengan situasi itu. Tapi inilah perubahan radikal di dunia kita. Semua menjadi serba online. Begitu juga dengan bisnis. Berpindah ke dunia online adalah kebutuhan.

Kami di kreatiff.id mendapat banyak permintaan untuk pembuatan website bisnis. Karena website adalah senjata utama bagi sebuah bisnis supaya tetap eksis di era online ini.

Persiapan untuk Masuk ke Dunia Online

Tim kreatiff.id menyimpulkan ada 3 hal yang harus dipersiapkan bagi semua bisnis jika ingin masuk ke dunia online ini. Apa saja 3 hal tersebut ?

Pertama, Website yang Informatif dan Dinamis

Istilah online merujuk kepada internet. Yang artinya sebuah bisnis harus memiliki “media” yang bisa diakses darimana saja dan kapan saja. Media itu disebut dengan “website”. Tujuan sebuah bisnis memiliki website adalah sebagai media untuk menginformasikan semua produk dan jasa. Anggap saja sama dengan toko. Hanya bedanya tidak ada bentuk fisik. Sebuah website harus informatif. Berisi konten yang jelas dan detil apa saja produk yang ada. Kalau tidak detil maka percuma saja memiliki website. Selain informatif, sebuah website harus dinamis. Artinya selalu ada update supaya menjadi website yang google friendly. Alias disukai oleh google dan dibutuhkan oleh netizen.

Kedua, Akun Media Sosial yang Aktif

Analisis Kepios dari DataReportal, mengungkapkan bahwa pengguna media sosial di Indonesia meningkat 21 juta (+12,6 persen) antara tahun 2021 dan 2022. Total pengguna yang terdeteksi adalah 191,4 juta pengguna. Setara dengan 61,8% dari total populasi penduduk Indonesia. Tentu ini adalah jumlah yang besar. Dan “market” yang besar pula. Karena itu maka sebuah bisnis harus memiliki akun yang aktif di berbagai platform media sosial. Ada beberapa bisnis yang memang memiliki akun di medsos, sayangnya tidak aktif sehingga percuma juga.

Ketiga, Partner Tepat untuk Memasuki dunia Online

Memasuki dunia online, bagi sebagian besar pemilik bisnis adalah seperti memasuki hutan belantara. Tidak tahu arah dan tujuan. Karena itu menjadi penting untuk memiliki partner untuk membimbing dan memberikan dukungan terhadap bisnis anda dalam memasuki dunia online. Daripada anda sibuk memikirkan berbagai hal teknis untuk masuk ke dunia online. Maka lebih baik anda fokus memikirkan inovasi produk supaya lebih beragam. Tim kreatiff.id hadir sebagai sahabat bagi bisnis anda untuk memasuki dunia online supaya profit anda semakin meningkat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.