5 Keuntungan yang Bisnis Anda Dapatkan Saat Melakukan Transformasi Digital

Transformasi digital tentu membawa keuntungan bagi sebuah bisnis. Dalam era Industri 4.0 yang juga disebut sebagai “cyber physical system” merupakan sebuah fenomena dimana terjadinya kolaborasi antara teknologi cyber dengan teknologi otomatisasi.  Perubahan penting dalam era Industri 4.0 ini adalah adanya transformasi digital. Dimana semua bisnis harus melakukan perubahan besar-besaran menggunakan teknologi digital. Transformasi digital ini didukung adanya teknologi internet yang sudah ada di seluruh belahan dunia. Di Indonesia sendiri, menurut APJII jumlah pengguna internet mencapai 210 juta orang. Banyak orang Indonesia yang sudah melek secara digital. Minimal sudah bisa mengakses google melalu smartphone. Ini adalah sebuah pasar yang begitu besar untuk sebuah bisnis.

Transformasi Digital itu apa?

Apa sih transformasi digital?. Arti kata “transformasi” menurut KBBI adalah perubahan rupa (bentuk, sifat, fungsi, dan sebagainya). Maka arti dari tranformasi digital adalah perubahan dari sistem analog menjadi sistem digital dengan menggunakan teknologi.

Dalam dunia bisnis, maka transformasi digital adalah revolusi.

Dari sebuah proses bisnis konvensional menjadi menggunakan teknologi informasi. Sebuah bisnis yang awalnya hanya menggunakan sarana fisik saja dituntut untuk memiliki sarana virtual secara digital.

Kentungan Bisnis Virtual Menggiurkan

Contoh dalam bisnis yang saat ini mudah dilihat adalah pindahnya pasar. Dari konvensional secara fisik menjadi pasar digital di dunia maya atau dunia virtual. Muncul istilah marketplace. Penjual dan pembeli tidak perlu bertemu langsung. Bahkan tidak tahu wajah. Tetapi bisa melakukan transaksi. Dulu mungkin situasi ini dianggap tidak lazim.

transformasi digital dalam bisnis

Dalam situasi pandemi covid-19.  Omzet penjualan secara virtual jauh lebih tinggi daripada penjualan konvensional. Data menurut bank Indonesia. Nilai transaksi di market place pada akhir 2021 mencapai 395 Triliun Rupiah.

5 Keuntungan yang didapatkan saat sebuah bisnis melakukan Transformasi Digital

 

1. Proses Bisnis Lebih Hemat

Dengan melakukan perubahan menggunakan teknologi informasi maka proses bisnis bisa lebih hemat. Misalnya dalam hal promosi. Biasanya menggunakan brosur yang dicetak berulang-ulang maka saat ini cukup dengan konten di internet yang tersimpan selamanya.

2. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Dengan menggunakan internet sebuah bisnis menjadi lebih mudah dikenal diseluruh Indonesia bahkan dunia. Jangkauan calon customer juga lebih besar. Kalau hanya dengan brosur hanya customer di dekat lokasi bisnis saja. Maka dengan menerapkan transformasi digital, calon customer bisa dari mana saja.

3. Mudah dalam Kolaborasi

Sebuah bisnis harus terbuka dengan teknologi. Semakin mudahnya akses ke dunia luar dengan internet membuat kesempatan kolaborasi dengan pelaku bisnis lain lebih besar. Kolabori bisa dalam bentuk branding. Bisa juga kolaborasi teknologi. Teknologi digital sifatnya mudah connected atau terhubung. Sehingga kolaborasi antar teknologi dari bisnis A dan bisnis B juga mudah dilakukan.

4. Penggunaan Tenaga Kerja Lebih Hemat

Ketika teknologi digital masuk ke sebuah bisnis maka otomatis mengurangi jumlah pekerja yang unskilled. Misalnya tenaga kerja untuk kurir. Dengan adanya jasa antar online maka urusan pengiriman bisa tidak menggunakan karyawan tetap. Ini tentu mengurangi pengeluaran dari sebuah bisnis.

5. Profit  Lebih Meroket

Dengan adanya jangkauan pasar yang lebih luas. Biaya tetap berkurang. Sudah pasti profit dari bisnis tersebut meroket. Transformasi digital jika dilakukan dengan benar PASTI meningkatkan profit. Karena itu melakukan transformasi digital harus terukur dan didampingi oleh konsultan yang tepat juga.

Transformasi digital bagi sebuah bisnis menjadi keharusan jika ingin semakin bertumbuh. Dunia terus berubah. Begitu juga proses sebuah bisnis harus mengikuti perubahan tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.